Sabtu, 09 Mei 2015

Trip Banda Aceh - Meulaboh

Halloo....
udah lama ga update pasca lulus kuliah,
sekarang gue kerja di salah satu catering pertambangan di Jakarta.
and yes, hobi gue bisa tersalurkan di kerjaan ini. MAKAN dan TRAVELLING *ketawa jahat*
dan di post kali ini gue mau share tentang trip gue ke meulaboh.
trip dimulai pada tanggal  29 Desember 2014 berangkat dari Soekarno Hatta Airport. iya flight gue sehari pasca ilangnya pesawat Air Asia  QZ8501 dan itu cukup bikin gue dan keluarga gue agak parno sama trip gue kali ini. Dan pas banget hari minggu 28 Desember 2014 gue pulang dari Malang badan masih pegel-pegel abis naik kereta besok paginya lanjut cabut ke Aceh. I know that it was a crazy thing but the show must go on...

Flight jam 8 gue duduk sebaris sama ibu-ibu umur 30an sama anaknya. anak 5 taun itu ga berenti-berentinya ngoceh dan bedanya dia ngocehnya itu latian ngaji, iya ngaji...beda banget sama gue yang somplak ini, umur 5 taun maennya di got --"

note : ini bukan masjid *salah fokus*

nyampe di airport Sultan Iskandar Muda, airport ini sekilas mirip masjid dan emang unsur islaminya kental banget di kota ini. gue jarang banget  liat cewe pake celana. jaraaang banget! dan semua orang di Aceh pake jilbab...yes most of them, kecuali yang non muslim dan mereka juga respect dengan culture di Aceh dengan memakai Syal atau penutup kepala dan memakai baju panjang.

di Airport gue di jemput orang tambang CK MIFA pak Sarjono, dan gue langsung di ajak makan *YES!*
gue dia ajak makan ke salah satu tempat makan terkenal di daerah airport, orang -orang disana lebih sering nyebut tempat makan itu Ayam Pramugari, kenapa Ayam Pramugari? konon katanya tempat ini sering jadi tempat makan pramugari - pramugari kece. dan iya memang pas gue kesana emang banyak banget mbak-mbak pramugari yang makan disana.

foto ambil dari blog sebelah punya bang Hari Juanda.
ngga sempet nge foto makanannya kemarin, saking pengen buru-buru makan

Menu andalan? Gue makan ayam tangkap dan gulai yang rasanya super duper ENAK!
ayamnya gurih dan empuk, dan menurut gue ini masuk ke salah satu list makanan terenak di dalam hidup gue *tsaah* untuk gulainya ya standart gulai lah, tapi overall gue jatuh cinta sama aceh karna makanan ini.

abis kenyang- kenyangan perjalanan dilanjutkan, dari Banda Aceh ke Meulaboh gue ambil jalur darat. Tracknya? Gila belok belok curam...kanan kiri jurang dan sukses bikin gue yang anti mabok dan super metal ini tumbang --"

EPIC!!

nyampe di meulaboh gue langsung ke salah satu penginapan. tempat di pinggir jalan besar dan cukup nyaman.

tipinya di lemari, takut kabur keknya

besoknya gue langsung kerja, jadi kerjaan gue disini semacam nge audit internal masalah keamanan pangan dan gizi.
kemaren juga ada kesempatan buat ke kantor pusat CK MIFA di daerah tambangnya,
iya ini pengalaman pertama gue juga ke tambang batu bara :D
tempatnya panas, sorenya hujan deres banget. jalanan jadi Chaos...licin dan gelap
tapi SERU!!
tempat pengolahan batu bara

batu baranya

jalan menuju tambang

banyak alat berat dan transformer disini *o*

setelah 3 hari kerja disana Fix gue Tahun Baruan di Aceh. ekspektasi gue disini bakal ada event selebrasi menyambut tahun baru.
but NO!! gada acara yang aneh-aneh di sini, warga aceh dilarang selebrasi berlebihan dan banyak polisi syariah yang patroli di kota.
jadi gue memutuskan buat selebrasi sendiri dengan cara "MAKAN!"
setelah muter-muter meulaboh akhirnya pilihan jatuh di salah satu tempat makan di dekat pelabuhan kota.

jaoh -jaoh ke aceh endingnya makan nasi goreng --"
Makanan yang cukup hits disana untuk makan malam adalah nasi goreng dan beda dari daerah lainnya nasi goreng disini di sajikan dalam keadaan ready to eat, jadi ga usah ngarep dapet nasi goreng yang langsung di buat pas kita order seperti di jawa, nasi goreng disana sudah dalam keadaan ready dan di dsimpan dalam termos besar. untuk rasa di daerah aceh tidak terlalu suka dengan makanan yang manis dan semua makanana disana cenderung pedas.

Tanggal 1 Januari 2015 Jadwal gue pulang,
Pagi -pagi sudah siap 06.30 gue udah siap keluar dari penginapan gue, dan iya gue lupa di daerah sini beda sama di jakarta, jam segitu langit masih gelap dan jalanan masih sepi banget bahkan pager penginapan pun masih di kunci --"
jam 7 pagi gue mutusin buat ke warung kopi di depan penginapan, sekedar minum coklat hangat dan gorengan untuk pengganjal perut

sarapan sederhana yang rasanya tidak sederhana

lanjut dari warung kopi gue di ajak ke salah satu tempat makan di meulaboh, disana untuk pagi hari rata-rata orang sarapan dengan nasi lemak aka nasi uduk, untuk rasa mereka punya rasa yang unik, rempah yang strong pedas dan gurih. Makanan yang enak ditambah lagi sensasi makan di kota meulaboh plus orang orang sekitar yang pake bahasa aceh yang gue sendiri gatau artinya :p

nasi lemak + kuah rempah + serundeng + telur dadar + emping = JUARA!

setelah makan gue langsung prepare pulang, berangkat dari bandara meulaboh gue transit ke medan dulu sebelum ke Jakarta. Bandara di meulaboh hanya melayani 1 kali penerbangan dalam sehari dan sering delay --"
kesempatan waktu kosong tetep gue isi dengan acara rutin gue, MAKAN
kali ini ada lontong pecel
 lebih mirip gado -gado

untuk rasanya standart pecel jawa, soalnya yang jual juga mayoritas orang jawa. tapi overall makanan ini enak dan ga mengecewakan.

oke pesawat uda hampir datang gue lanjut check in didalam

ruang tunggu didalam bandara
bisa sambil liat pesawat landing

tiket pesawat *iya tau*

wings air, naiknya ga pake tangga saking kecilnya

kursi didalam pesawat

Bandaranya kecil dan gue dapet pesawat wings air yang ada baling -balingnya, its my first time!
naik pesawat kecil ini sensasinya seru. gue bisa ngerasain awan yang dilewatin pesawat dan bisa liat pemandangan epic soalnya jenis pesawat ini terbangnya tidak terlalu tinggi.

sungainya keren!!

Lanjut transit di kualanamu, gue jadi norak di airport ini. kualanamu merupakan salah satu airport international yang bagus di indonesia. kalo gue liat -liat bandara ini mirip bandara di seoul korea.

Dan iya, gue suka sama trip gue kali ini
Gue suka orang acehnya, gue suka ramahnya meraka, gue suka budaya mereka, makanannya, dan juga kendaraannya
BENTOR aka Becak Motor!!

abangnya gamau liat kamera, takut nyusruk katanya

oke, ini trip gue kali ini...
hope to see you again, ACEH!! :)